STUNTING DAN PENANGGULANNYA

Semakin maraknya kasus Stunting di wilayah Probolinggo Raya (Kota dan Kabupaten Probolinggo), Ribut Prastiwi Sriwijayanti, S.Pd.I., M.Pd. tergugah untuk memberikan pemahaman terkait Stunting dan penanggulangannya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tangal 10 Agustus 2019. Sasaran kegiatan ini adalah warga sekitar di Kelurahan Pakistaji Kota Probolinggo. Kegiatan ini  bekerja sama dengan pihak kelurahan dan mahasiswa KKN Universitas Panca Marga Probolinggo.

Pada kegiatan yang bertempat di SD Riyadus Sholihin Kelurahan Pakistaji Kota Probolinggo ini, informasi penting disampaikan agar warga memiliki perhatian yang serius terhadap permasalahan stunting. Materi tersebut adalah apa itu stunting,  hal-hal yang menjadi penyebab stunting, gejala-gejala stunting yang dapat diobservasi, dan empat cara pencegahan stunting. Selama ini, warga memang belum mendapat informasi yang valid terkait stunting dan cara pencegahannya.

UKM E-Sport Pertama di Probolinggo

E-Sport merupakan olah raga yang memanfaatkan akses digital. Olah raga ini beracuan pada olah raga fisik, namun dimainkan pada dunia maya. E-Sport ini bisa dimainkan menggunakan Komputer, Laptop dan Play Station. E-Sport ini bisa dimainkan untuk semua cabang olah raga tergantung ketersedian jenis game nya.

E-Sport sendiri pertama kali dipopulerkan di Probolinggo oleh UKM E-Sport FKIP UPM Probolinggo. Pencetus UKM ini tidak lain adalah Pembina UKM E-Sport FKIP itu sendiri yaitu Pak Afib Rulyansah, S.Pd., M.Pd. E-Sport ini memberi manfaat bagi mahasiswa yaitu melatih konsentrasi, disiplin, fast-thinking, motorik dan jeli melihat peluang. UKM ini tergolong baru di Indonesia dan Probolinggo. UKM ini berdiri sekitar bulan September 2018. Berikut kiprah UKM ini dalam bentuk dokumentasi.

UKM Futsal FKIP Menyabet Juara HME Cup

UKM Futsal FKIP tidak jauh dari kata juara. Bagaimana tidak, dari tiga kali berpartisipasi dalam turnamen Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Cup tahun 2016, 2017 dan 2018, UKM Futsal FKIP menyabet juara 2 pada 2016 dan 2018. Pada 2016, para pemain dan Official yang terlibat adalah Riski, Dwi Aji (Jarot), Jaka Dani, Bunadi (Official), Afif (Kiper), Arief, Wildan, Widodo (Iyek) dan Sufyan.  Pada 2018, dipunggawai oleh pemain yang tidak jauh berbeda, yaitu, Afif (Kiper), Arief, Nyanta, Dwi Aji (Jarot), Yordan (Official), Wildan, Sufyan, Widodo dan Bagus.

Hal ini tidak telepas dari Pembina UKM Futsal FKIP yaitu Bapak Afib Rulyansah, S.Pd., M.Pd. Pembina UKM tersebut menggembleng mahasiswa untuk giat dan disiplin latihan. Alhasil, predikat juara tidak jauh dalam 3 tahun terakhir. Berikut dokumentasi yang bisa himpun saat latihan dan turnamen.